Ubur-ubur Bionik, Inovasi Terbaru Para Ilmuwan untuk Meneliti Lautan

Ubur-ubur Bionik, Inovasi Terbaru Para Ilmuwan untuk Meneliti Lautan,- Untuk beberapa orang, ini mungkin terdengar seperti fiksi umumnya terbuat dari imajinasi penulis. Namun dalam kenyataannya, itu adalah fakta ilmiah bahwa para peneliti telah menciptakan sebuah ubur-ubur bionik dengan pelaksanaan mikroelektronik di invertebrata laut.

Penanaman diharapkan untuk memobilisasi ubur-ubur untuk mengontrol dan menjelajahi lautan dunia.

Menurut peneliti, prostesis implan kecil yang memungkinkan ubur-ubur berenang tiga kali lebih cepat dan lebih efisien tanpa menyebabkan ketegangan dalam ubur-ubur, yang tidak memiliki otak, sistem saraf pusat atau reseptor rasa sakit.

Langkah Idn poker berikutnya adalah untuk menguji, nutrisi berbagai cara untuk kontrol di mana van ubur-ubur dan mengembangkan sensor kecil bahwa pengukuran dapat dibuat kondisi jangka panjang dari laut, seperti suhu, salinitas, keasaman, kadar oksigen dan komunitas mikroba.

Bahkan, para peneliti juga menyarankan untuk menginstal kamera kecil. “Ini sangat futuristik,” kata bioengineer di Stanford University, Nicole Xu.

“Kami dapat mengirimkan ubur-ubur bionik ke berbagai wilayah lautan untuk memantau tanda-tanda perubahan iklim atau mengamati fenomena alam,” tambahnya.

Baca juga: Bisnis yang ada di Kenya menghasilkan bahan bakar Dirt Man

Target awal adalah menyelam laut. Hal ini karena pengukuran tidak celah besar dalam pemahaman kita tentang lautan, profesor teknik mesin di California Institute of Technology, kata John Dabiri.

“Pada dasarnya, itu akan merilis ubur-ubur bionik di permukaan, kemudian membuat berenang ke kedalaman laut. Kami ingin melihat seberapa jauh Anda bisa turun dan kembali ke permukaan data transportasi,” kata Dabiri. Ubur-ubur dilibatkan dalam penelitian ini secara umum disebut bulan ubur-ubur, dengan diameter 4-8 inci (10-20 cm).

diameter 2 cm prostesis pada dasarnya termasuk chip, baterai dan elektroda yang merangsang otot – rektor berdenyut ubur-ubur lebih sering, mirip dengan cara alat pacu jantung mengatur denyut jantung.

lendir dikenal ubur-ubur selama stres. Namun, tidak ada reaksi seperti terjadi selama penelitian dan setelah berenang prosthetist biasanya dihapus. “Kami melakukannya dengan hati-hati agar tidak membahayakan ubur-ubur,” kata Dabiri.

Baca juga: Desain “blended tubuh sayap” dapat mengurangi emisi karbon dari pesawat terbang?

Hal ini terungkap, ada banyak teknologi ke permukaan laut studi termasuk satelit dan robot berlayar perahu disebut saildrones

Biasanya, para peneliti harus bergantung pada instrumen atau kapal kecil untuk mencari ilmu dari kedalaman lebih dari 65 kaki (20 meter) di bawah air kendaraan.

“Ubur-ubur telah ada selama lebih dari 500 juta tahun. Waktu Over, struktur tubuh Anda tetap praktis tanpa perubahan sehingga menarik untuk mengetahui apa yang membuatnya begitu istimewa dan bagaimana kita dapat belajar dari mereka,” kata Xu.

“Karena kita menggunakan hewan dengan gerakan renang alami, harapan adalah bahwa tidak akan mengganggu lingkungan dengan cara yang sama mungkin sehingga kita dapat memperluas bawah air jenis lingkungan yang dapat dikendalikan,” pungkasnya.