Tips Efektif Mengatasi Ngidam Makanan Manis

Tips Efektif Mengatasi Ngidam Makanan Manis, – Pernahkah kamu merasa mendadak ingin makan sesuatu yang manis? Saat sedang sibuk beraktivitas, pikiranmu tiba-tiba membayangkan enaknya es krim, kembang gula, cokelat, dan lain-lain?

Ada beberapa alasan ilmiah, kenapa kamu mendadak ingin makan sesuatu yang manis, lho. Bisa karena tubuhmu kekurangan asupan tertentu atau tingkat gula darahmu sedang naik turun.

Asal menuruti keinginan makan, tanpa tahu alasannya bisa berujung ke masalah kesehatan. Kalau kamu sering dibuat gagal fokus karena ‘ngidam’-mu ini, ada beberapa tips jitu yang bisa membantumu, nih.

Berikut tips meredam keinginan makan yang manis-manis!

1. Minum air putih

Seringkali kita keliru merasakan rasa haus sebagai rasa lapar. Jadi sebelum keburu ambil makanan manis, perhatikan dulu asupan airmu. Apakah sudah terpenuhi?

Segelas air putih bisa jadi langsung mengatasi ngidammu itu. Jadi, ingatlah untuk selalu minum air putih secukupnya seitap hari.

2. Kelola stres dengan baik

Jangan remehkan stres, karena SBOBET WAP ini bisa jadi biang kenapa kamu mendadak ingin makan sesuatu yang manis. Saat stres, kamu memiliki dorongan untuk makan makanan yang memberikan rasa bahagia, seperti makanan tinggi garam maupun gula untuk menghibur hati.

3. Konsumsi buah-buahan segar

Kalau ngidam makanan manismu benar-benar tak tertahankan, makan saja buah segar. Buah mengandung gula alami yang bisa memuaskan ngidammu.

Mereka juga kaya vitamin dan antioksidan, yang baik bagi tubuh. Seratnya juga akan bikin kamu kenyang lebih lama tanpa bikin kamu merasa bersalah.

4. Perbanyak asupan protein

Demi menghindari makan di luar jam makan, coba perbanyak asupan proteinmu dengan makan telur, ikan, ayam, daging, dan lain-lain. Protein bisa bantu membuatmu kenyang lebih lama sama halnya dengan serat.

Kalau perutmu cukup kenyang, kamu gak akan mudah tergoda oleh makanan manis. Jangan lupa untuk menyeimbangkan asupan nutrisi, dengan makan buah dan sayuran.

5. Kurangi asupan makanan manis mulai sekarang

Salah satu alasan paling logis, kenapa kamu sering ngidam makanan manis adalah karena kamu terbiasa mengonsumsi makanan manis. Semakin sering kamu makan makanan manis, toleransimu akan gula akan terus bertambah.

Keinginanmu terus bertambah, tak peduli seberapa banyak gula yang sudah kamu konsumsi. Kebiasaan ini tentu saja akan memicu berbagai masalah kesehatan seperti obesitas. Jadi, mulai kurangi asupan gulamu secara bertahap.

6. Konsumsi cokelat hitam

Kalau kamu masih terbayang-bayang oleh enaknya cokelat, gak usah bingung. Pilih saja cokelat hitam murni yang minim tambahan gula ataupun susu.

Saat kamu ngidam makan cokelat, bisa diartikan kalau tubuh sedang memberi sinyal kalau kamu kurang asupan magnesium. Sepotong cokelat hitam, bisa memuaskan perasaan ngidam ini dan memberimu banyak antioksidan yang bagus bagi kesehatan. It’s a win-win!

Setelah tahu beberapa tipsnya, sekarang kamu gak perlu bingung lagi kalau mendadak ingin makan yang manis-manis, deh! Makan makanan manis memang boleh, tapi tetap utamakan makanan sehat terlebih dahulu. Stay healthy!