Teknik Okulasi agar Menghasilkan Buah Alpukat Berkualitas

Teknik Okulasi agar Menghasilkan Buah Alpukat Berkualitas,- Pohon alpukat lazimnya dibudidayakan melalui benih, yang bisa dibeli di toko pertanian daring maupun luring. Tapi hasil buah dari budidaya ini adakalanya mengecewakan. Sebab ada kemungkinan menghasilkan buah alpukat tidak seperti yang Anda harapkan.

Ada teknik lain agar tanaman alpukat Anda bisa menghasilkan buah seperti yang diharapkan, yaitu dengan cara okulasi. Setelah bibit tumbuh hingga ketinggian sekitar 1 – 1,5 meter, inilah saatnya untuk mulai melakukan okulasi pada cabang-cabang penghasil buah.

7-manfaat-kesehatan-buah-alpukat

Seperti dilansir Hunker, ada 7 langkah yang harus dilakukan dalam proses okulasi tersebut.

Langkah 1

Pilih tunas dari pohon alpukat yang sehat dan produktif. Tunas terbaik terletak di dekat ujung cabang yang berdiameter 0,5 cm hingga 2 cm.

Langkah 2

Potong ujung cabang sehat sepanjang 15 cm yang masing-masing berisi beberapa tunas, menggunakan pisau tajam. Ambil enam hingga delapan stek, bungkus dengan tisu basah, dan letakkan dalam mangkuk es agar tetap dingin dan lembab.

Langkah 3

Buat potongan berbentuk T di cabang pohon batang bawah, sekitar 30 cm dari batang. Bagian panjang T harus sekitar 2,5 cm. Buat potongan yang lebih pendek dan menyilang, 1/3 dari jalan melewati cabang. Putar pisau sedikit untuk menjauhkan kulit kayu dari tempat kedua luka bertemu.

Langkah 4

Periksa cabang yang Anda potong dan taruh di mangkuk. Pilih kuncup yang sehat, dan potong dari cabang, mulai 1,5 cm inci di bawah kuncup dan berakhir 2 cm di atasnya.

Langkah 5

Bawa tunas yang dipilih kembali ke batang bawah. Geser ujung panjang tunas ke bagian panjang potongan berbentuk T, cocokkan tunas dengan potongan horizontal pada T.

Langkah 6

Bungkus hasil okulasi dengan isolasi karet, dengan tanpa menutupi tunasnya. Ulangi langkah 3 hingga 5 di berbagai area pohon sampai Anda telah menggunakan tunas dari semua batang tunas.

Langkah 7

Lepaskan isolasi karet ketika tunas telah sembuh dan tunas mulai terbuka (sekitar tiga hingga empat minggu). Saat cabang-cabang baru ini tumbuh dan matang, buah alpukat akan diproduksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *