Tanda-tanda Hamil Muda Pada Perut Pada awal kehamilan memang belum mengalami banyak perubahan. Namun meskipun belum terlihat membuncit, banyak perubahan lain pada perut yang dapat mengindikasikan kehamilan.

Saat hamil, wanita akan mengalami berbagai perubahan pada tubuhnya. Mengingat posisi rahim berada di perut, tentunya tidak heran jika beberapa tanda hamil ini memengaruhi perut. Pada saat hamil muda, perubahan pada Agen Live22 Indonesia perut memang belum terlihat, tetapi terdapat beberapa gejala yang mungkin Anda rasakan.

Dilihat juga : 5 Tips Menjaga Kesehatan Mata

Tanda-tanda Hamil Muda Pada Perut

1. Kram Perut

Tanda hamil muda pada perut yang pertama adalah kram perut bagian bawah.

Gejala ini terkadang dibarengi dengan flek yang mungkin menandakan implantasi (proses tertanamnya embrio ke rahim). Kram perut yang dirasakan kurang lebih sama dengan kram yang dirasakan ketika akan menstruasi. Hal ini yang membuat tanda hamil dan tanda akan menstruasi terkadang sulit untuk dibedakan.

2. Perut Kembung

Kondisi yang termasuk dalam tanda-tanda hamil muda selanjutnya adalah perut kembung. Sama seperti kram perut, perut kembung juga terkadang menjadi gejala umum sebelum menstruasi. Saat hamil muda, perut kembung disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron yang membantu memperlambat pencernaan.

3. Perut Terasa Kencang

Tanda lain yang mungkin muncul pada awal kehamilan adalah perut yang terasa kencang. Beberapa wanita merasakan sensasi otot seperti ditarik atau diregangkan di bagian perut.

Sensasi seperti kesemutan juga dapat terjadi. Namun selain karena kehamilan, kondisi ini juga bisa muncul akibat dari melakukan gerakan olahraga untuk mengencangkan otot.

4.Perut Gatal

Perut yang gatal adalah salah satu kondisi yang umum selama kehamilan.

Ini bisa muncul sejak awal kehamilan dan dapat lebih sering terjadi seiring kehamilan yang semakin membesar, karena memang penyebab gatal adalah kondisi perut yang semakin membesar.

Kulit yang mengembang cenderung kehilangan kelembapannya. Kondisi kulit yang lebih kering ini memicu kulit menjadi gatal. Hal ini juga dapat terjadi pada bokong, jika bagian tubuh ini juga mengembang selama kehamilan.

6. Perubahan Nafsu Makan

Perubahan nafsu makan juga dapat menjadi salah satu ciri-ciri hamil muda. Kebanyakan wanita dapat kehilangan selera makannya di awal kehamilan, bahkan terhadap jenis makanan yang sebelumnya disukainya. Hal ini mungkin juga dipengaruhi oleh gejala morning sickness yang sudah disebutkan sebelumnya.

Sumber : doktersehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *