Taman Buah Mekarsari Rekreasi Sekaligus Edukasi

Taman Buah Mekarsari Rekreasi Sekaligus Edukasi – Salah satu tempat wisata Taman Buah Mekarsari merupakan destinasi wisata keluarga yang terkenal di Bogor, Jawa Barat. Wisata Taman Buah Mekarsari merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar di dunia. Agrowisata seluasa 264 hektare ini dilengkapi dengan aneka sarana wisata yang siap memuaskan pengunjung.

Bukan hanya wisata perkebunan buah, di wisata Taman Buah Mekarsari Anda juga dilengkapi wisata air, taman bermain anak, tempat tingga berbagai satwa dan edukasi alam. Wisata Taman Buah Mekarsari menjadi kebun hortikultura yang terdiri dari buah-buahan, sayuran, bunga dan tanaman hias yang dapat dinikmati semua orang.

Di Taman Buah Mekarsari pengunjung bisa berkeliling kebun buah-buah tropis yang dikembangkan dengan baik. Buah-buah ini juga bisa dinikmati langsung dari kebunnya.

Tanah di wisata Taman Buah Mekarsari mengandung latosol sehingga cocok untuk lahan perkebunan. Wisata Taman Buah Mekarsari selalu menjadi tujuan rekreasi keluarga, edukasi, dan pelepas penat.

Mekarsari memiliki tujuan yang ditanamkan dalam konsep 4-si. Konsep tersebut meliputi:

Konservasi

Mekarsari merupakan pusat pelestarian keanekaragaman hayati tumbuhan, khususnya buah-buahan. Setiap jenis tumbuhan yang dilestarikan di Mekarsari mempunyai keistimewaan masing-masing untuk menunjang lingkungan hidup, misalnya :

– Tahan terhadap kondisi kekeringan

– Perakaran kuat dan dalam untuk mencegah erosi serta menyimpan banyak air

– Tajuk yang rimbun penghasil oksigen dan menjaga kelembaban udara

– Tempat berkembang biak satwa

– Penyubur tanah dan mikroorganisma tanah

Reboisasi

Mekarsari adalah pusat pembibitan dan penyebarluasan tanaman yang bernilai ekonomi dan bermanfaat untuk menjaga kelestarian lingkungan. Mekarsari menyediakan bibit tanaman unggul untuk memenuhi kebutuhan daerah tertentu guna memperbaiki lingkungannya. Selain itu Mekarsari ikut aktif pula dalam rangka penghijauan didaerah-daerah yang sudah mulai rusak.

Edukasi

Mekarsari merupakan tempat pelatihan masyarakat untuk lebih mengenal tumbuh-tumbuhan dan mencintai alam sekitarnya. Mekarsari menyediakan fasilitas untuk belajar pembibitan, teknik perbanyakan tanaman, penelitian dan breeding, dan penyuluhan bagi petani dalam hal budidaya tanaman

Rekreasi

Mekarsari menyediakan fasilitas wisata yang bernuansakan alam dan beberapa paket wisata yang bisa diikuti oleh pengunjung. Di sini pengunjung dapat merasakan suasana berbeda tentang agrowisata.

Wisata Kebun Buah

Wisata Taman Buah Mekarsari memiliki ragam kebun buah-buahan, sayuran, bunga dan tanaman hias. Buah-buah yang ada di kebun ini merupakan buah tropis dan jenis buah-buahan unggul yang dikumpulkan dari Indonesia.

Tempat ini juga merupaakn tempat penelitian budidaya pemuliaan dan perbanyakan bibit unggul untuk kemudian disebarluaskan kepada petani dan masyarakat umum.

Di sini pengunjung bisa menjelajah langsung kebun buah dan sayur sambil mengetahui pertumbuhan dan budidayanya. Pihak pengelola juga sudah menyediakan paket tur petualangan kebun untuk para wisatawan.

Wahana Permainan

Tak cuma wisata di kebun buah, wisata Taman Buah Mekarsari juga menghadirkan berbagai wisata permainan. Wahana ini berupa 3D Trick ART Mekarsari, outbound, Kids Fun Valley, dan masih banyak lagi.