Rekomendasi Untuk Anda yang Ingin Berburu Air Terjun di Jogja

Rekomendasi Untuk Anda yang Ingin Berburu Air Terjun di Jogja – Jogjakarta merupakan daerah istimewa di Indonesia yang memiliki potensi wisata paling lengkap. Tidak heran jika propinsi yang berbatasan dengan Samudera Hindia langsung ini memiliki banyak destinasi wisata alam seperti pantai.

Namun bukan hanya saja pantai,  Kalian juga wajib tahu bahwa ada wisata air terjun di Jogja yang tak kalah memukau lho! Penasaran? Simak ulasan idn poker asia berikut ini.

1. Air Terjun Sri Gethuk 

Air Terjun Sri Gethuk menjadi pilihan utama bagi wisatawan di kala penat. Sama seperti air terjun pada umumnya tetapi jika ingin melihat langsung Anda harus menelusuri sungai terlebih dahulu karena berada di tepian tebing.

Objek wisata ini berlokasi di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jarak yang ditempuh cukup mudah sekitar 45 kilometer dari Pusat Kota Yogyakarta serta waktu yang ditempuh kurang lebih 1,5 jam. Tapi selama perjalanan Anda akan dimanjakan oleh pemandangan nan asri serta udara yang sejuk.

2. Air Terjun Banyu Nibo 

Wisata air terjun selanjutnya dengan menyuguhkan kesegaran mata serta badan yakni Banyu Nibo. Terletak di Kabrokan Kulon, Kabrokan Wetan, Sendangsari, Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Nikmati sensasi pemandangan air terjun yang jatuh dengan aliran air yang menenangkan serta berswafoto di atas bebatuan karang berlatar belakang Air Terjun Banyu Nibo. Objek wisata ini sangat cocok menjadi pilihan Anda saat ingin bermain air, rasakan sensasi segarnya air saat menceburkan diri ke kolam. Jangan khawatir, air yang ada di air terjun ini tidak dalam, tetapi Anda tetap harus berhati-hati

3. Air Terjun Sidoharjo 

Di musin penghujan seperti ini memang terasa enggan untuk berkunjung ke wisata air. Tapi siapa sangka Air Terjun Sidoharjo menjadi ramai oleh pelancong yang ingin menikmati panaroma yang memukau karena debit air yang tengah tinggi di waktu tersebut.

Terletak di Desa Sidoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo. Jaraknya sekitar 25 kilometer dari Kota Yogyakarta. Jalan menuju tempat ini terdapat cukup banyak tanjakan curam dan berliku. Namun perjalanan itu akan terbayar, karena di Air Terjun Sidaharjo pengunjung bisa bermain di bawah aliran air yang menyegarkan.

“Di jalan, mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan indah, sawah, bukit menoreh, serta sungai indah khas Kulonprogo,” ungkap laman Instagram jogjaimages.

4. Air Terjun Gedhe 

Jika Anda berencana ke Air Terjun Gedhe, disarankan untuk datang pada musim hujan. Karena debit air terjun yang mengalir hanya datang di kala penghujan tiba.

Tidak lucu bukan jika datang hanya melihat tebing kering. Terlepas dari debit air terjunnya, lokasi ini terkadang menjadi pilihan para pencinta alam untuk berlatih rapelling. Bahkan kawasan air terjun purba ini juga bisa digunakan untuk outbound.

Objek wisata yang terletak di Dusun Gambyong, Ngoro-oro, Patuk, Gunungkidul ini hanya berjarak 12 kilometer dari Kecamatan Pathuk dan dapat di tempuh dalam waktu satu jam berkendara dari Kota Yogyakarta.

5. Air Terjun Kedung Kandang

Salah satu air terjun terbaik di Yogyakarta yakni Air Terjun Kedung Kandang. Banyak menyebut bahwa kawasan air terjun ini seperti yang ada di Ubud, Bali. Tempat ini berlokasi di Nglanggeran Kulon, Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta.

Air Terjun Kedung kandang memang memiliki panaroma alam yang mengagumkan. Tempat ini berbeda dengan air terjun lain pada umumnya, yang berada di gugusan tebing batu serta sawah yang berundak atau membentuk terasering seperti yang ada di Ubud, Bali. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain itu, Anda akan disediakan gazebo untuk beristirahat di kala lelah saat menuju titik Air Terjun Kedung Kandang.