Mengenali 5 Penyebab Diabetes bervariasi tergantung pada faktor genetik, riwayat keluarga, etnis, kesehatan, dan faktor lingkungan. Kondisi inilah yang membuat penyebab penyakit diabetes setiap orang berbeda-beda. Perlu diketahui bahwa penyakit ini sendiri terbagi ke dalam dua tipe, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 1 adalah kondisi autoimun di mana pankreas tidak dapat memproduksi insulin. Sedangkan diabetes tipe 2 adalah resistensi tubuh terhadap insulin.

Mengenali 5 Penyebab Diabetes

Berikut ini adalah berbagai hal yang bisa menjadi penyebab diabetes, di antaranya:

1. Minuman Manis

Selain makanan penyebab diabetes, minuman manis juga bisa menyebabkan kondisi ini. Minuman manis mengandung kadar gula yang tinggi sehingga bisa meningkatkan resistensi insulin. Sebuah studi mengungkapkan, seseorang yang mengonsumsi satu sampai dua minuman manis per hari bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Dilihat juga : Gejala Asam Urat dan Pengobatannya

Salah satu cara terbaik untuk meminimalkan efek gula pada kesehatan adalah dengan membatasi asupan minuman manis seperti soda, teh manis, dan jus buah kemasan.

2. Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan yang dibuat dengan tepung putih, gula putih, dan nasi putih, pada dasarnya adalah makanan yang tidak mengandung serat penting, vitamin, dan mineral yang sehat.

Karena sangat mudah dicerna, makanan ini dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah dan insulin. Seiring waktu, kondisi ini dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Agar risiko penyakit diabetes berkurang, batasi asupan makanan yang dibuat dengan karbohidrat olahan seperti roti, muffin, kue, kerupuk, dan pasta.

Penyebab Diabetes Lainnya

3. Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh

Kondisi ini biasanya terjadi pada penderita diabetes tipe 1, di mana sistem kekebalan tubuhnya menghancurkan sel-sel di pankreas yang menghasilkan insulin. Meski tidak diketahui penyebab diabetes ini secara spesifik, beberapa kondisi yang bisa memicu hal ini antara lain:

  • Infeksi virus atau bakteri
  • Zat beracun dalam makanan
  • Disposisi genetik yang mendasari dapat menjadi penyebab diabetes tipe 1

4. Lemak Jenuh dan Trans

Lemak jenuh dan trans dapat menjadi penyebab diabetes karena makanan tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Tingginya kadar kolesterol merupakan faktor risiko terjadinya diabetes tipe 2.

Lemak trans ada dalam makanan yang dipanggang dan makanan yang digoreng, sementara lemak jenuh dapat ditemukan dalam daging berlemak, mentega, susu, dan keju.

Agar terhindar dari lemak jenuh dan lemak trans, makanan bisa dimasak dengan minyak zaitun atau minyak canola. Selain itu, pilih daging tanpa lemak dan daging unggas tanpa kulit. Jika Anda ingin mengonsumsi salad, hindari dressing menggunakan keju, pilihlah saus vinaigrette.

5. Obesitas dan Kurangnya Aktivitas Fisik

Anda lebih mungkin terserang diabetes tipe 2 jika Anda tidak aktif secara fisik dan kelebihan berat badan. Berat ekstra kadang-kadang menyebabkan resistensi insulin dan sering terjadi pada penderita diabetes tipe 2. Untuk melihat apakah berat badan Anda berisiko terkena diabetes tipe 2 atau tidak, Anda bisa menggunakan kalkulator indeks massa tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *