Makanan Penyebab Maag Yang Perlu Diwaspadai terkadang sering kita konsumsi. Seperti yang di ketahui jika Maag adalah kondisi yang dapat disebabkan oleh berbagai hal dan bisa terjadi pada siapa saja. Oleh karena itu, menghindari Minuman dan Makanan Penyebab Maag sangat di perlukan.

Makanan Penyebab Maag Yang Perlu Diwaspadai

Pada dasarnya gejala maag dapat dikurangi dengan menghindari makanan tertentu. Berikut ini adalah berbagai makanan penyebab maag yang sebaiknya Anda hindari, di antaranya:

1. Makanan Tinggi Lemak

Makanan yang digoreng dan berlemak dapat menyebabkan sfingter esofagus menjadi rileks, kondisi yang memungkinkan lebih banyak asam lambung untuk kembali ke kerongkongan. Berikut ini adalah beberapa makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi, antara lain:

  • Kentang goreng dan onion ring
  • Mentega dan keju
  • Daging sapi, babi, atau domba berlemak yang digoreng
  • Makanan berminyak dan cepat saji

2. Bawang dan Makanan Pedas

Makanan pedas (cabai, kari, dll) adalah penyebab paling umum dari gejala asam lambung. Oleh karena itu, jika Anda memiliki sakit maag, langkah terbaik adalah menghindari makanan tersebut. Makanan penyebab maag lainnya adalah bawang. Meski tidak semua orang yang mengonsumsinya dapat memicu asam lambung, biasanya bawang tersaji bersama dengan makanan pedas.

Dilihat juga : Berbagai aktivitas Menghibur diri sendiri ketika karantina

3. Cokelat

Makanan penyebab maag berikutnya yang digemari oleh banyak orang adalah cokelat. Meski digemari oleh banyak orang, cokelat mengandung senyawa yang disebut theobromine yang menyebabkan otot sfingter esofagus menjadi rileks, sehingga memungkinkan asam lambung mengalir ke esofagus.

4. Brokoli

Makanan penyebab maag yang pertama dan jarang disadari adalah brokoli. Meski termasuk kelompok sayuran dan dikenal sebagai sumber makanan yang sehat, ternyata brokoli bisa meningkatkan gas di dalam perut. Meningkatnya gas dalam perut bisa memicu gejala maag.

Makanan Penyebab Maag

5. Jeruk

Buah-buahan lainnya yang termasuk makanan penyebab maag adalah jeruk. Meski memiliki kandungan vitamin C yang baik tubuh, asam yang ada dalam buah jeruk akan memicu maag karena merilekskan sfingter esofagus bagian bawah. Buah jeruk juga mengandung lebih banyak asam daripada buah sitrus lainnya.

6. Lemon
Meski memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, lemon seperti halnya buah sitrus lainnya ternyata menjadi makanan penyebab maag. Jika Anda sering mengalami asam lambung, ketimbang mendapatkan manfaatnya sebaiknya Anda mengurangi atau menghilangkan lemon dari daftar menu diet.

7. Nanas

Buah yang umumnya memiliki rasa manis dengan rasa sedikit asam ini ternyata menjadi makanan penyebab maag. Selain karena buah ini bersifat asam, kandungan bromelain di dalam nanas ternyata dapat memicu timbulnya luka pada dinding lambung.

Bromelain adalah jenis enzim yang ditemukan di buah nanas yang berguna untuk memecah protein di dalam tubuh, termasuk protein kolagen yang terdapat dalam jaringan dinding lambung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *