Cara Bagi Kontak Whatsapp Lewat QR Code dan Bahaya yang Intai

Cara Bagi Kontak Whatsapp Lewat QR Code dan Bahaya yang Intai – Whatsapp tengah mengembangkan fitur baru yang memudahkan pengguna bertukar kontak dengan kode QR. Namun, pengguna diperingatkan agar berhati-hati ketika membagikan QR code ini.

Dilansir Poker Deposit Pulsa, fitur ini akan sangat mempercepat penambahan kontak di WhatsApp. Sebelumnya penambahan kontak cukup memakan waktu, pengguna harus memasukkan nama dan nomor telepon terlebih dahulu.

Fitur kode QR juga dibekali dengan pencabutan kode apabila pengguna sembarangan membagikan kode tersebut di media sosial atau ke membagikan ke orang yang tak diinginkan.

Laporan mandiri ini merupakan salah satu upaya pencegahan penyebaran virus corona (covid-19). Dengan metode laporan seperti ini, petugas PLN tak perlu berkunjung ke rumah pelanggan untuk mengecek stand meter.

“Jadi, kalau pelanggan mengirimkan angka stand kwh meter dan kami nyatakan valid, kami akan menggunakan laporan tersebut sebagai dasar perhitungan rekening. Meskipun petugas catat meter mengunjungi rumah pelanggan,” demikian keterangan Bob Saril, selaku Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan beberapa waktu lalu.

Pengguna bisa memilih opsi ‘Reset QR Code’ untuk menghapus kode QR dan menggantinya dengan kode yang baru. Opsi ini bisa dilakukan berulang kali tanpa khawatir batasan penghapusan kode.

Fitur membagikan kontak lewat kode QR belum tersedia untuk publik. Fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan saat ini bisa digunakan untuk penguna beta iOS dan Android.

Ketika kode QR ini tampil di publik, orang bisa segera tahu nomor telepon pengguna. Bahkan ketika sebagian kecil kode ini tertutup, pengguna lain tetap bisa mendeteksi.

Caranya, pelanggan mengirimkan angka stand meter dan foto melalui aplikasi WhatsApp PLN di nomor 08122123123. Jika laporan pelanggan dinyatakan valid, maka PLN akan menjadikan hal itu sebagai prioritas utama perhitungan rekening listrik.

Ketika kode QR ini tampil di publik

Jika pelanggan tidak mengirimkan laporan mandiri, maka PLN akan menggunakan rata-rata pemakaian tiga bulan sebagai dasar perhitungan rekening listrik. Perhitungan ini berlaku bagi pelanggan yang lokasi rumah tak bisa didatangi petugas karena berada di zona merah Covid-19.

“Perlu dicatat, ketika membagikan kode QR personal ini, Anda berarti membagikan nomor telepon,” tulis WABetaInfo dalam situsnya.

Cara lain untuk membagikan kontak Whatsapp tanpa harus menyimpan nomor telepon adalah dengan memberi tautan https://wa.me/ yang diikuti dengan kode negara dan telepon pengguna.

Cara membagikan QR code Whatsapp sebagai berikut:
1. Buka pengaturan
2. Kode QR akan muncul di sebelah profil pengguna.
3. Klik pada kode, maka akan tampil dua tab. Tab pertama untuk menampilkan kode (my code). Tab kedua untuk memindai kode QR pengguna lain (scan code).
4. Untuk bertukar pesan dengan orang lain cukup minta mereka memindai kode QR anda atau bagikan kode ini lewat layanan pesan instan.
5. Untuk menambah kontak orang lain pindai kode QR mereka di aplikasi Whatsapp pengguna dengan membuka opsi scan code. Opsi tersebut akan membuka kamera untuk memindai kode QR.

Pembocor fitur anyar WhatsaApp Beta Info memperingatkan pengguna agar tidak menyebar kode QR ke publik. Jangan memamerkan kode itu di media sosial jika tak ingin ada pesan dari orang tak dikenal mampir ke nomor Whatsapp pengguna.

Sebab, kode ini berisi informasi nomor telepon pengguna. Sehingga, dengan membagikan ke publik, berarti pengguna membagikan ke semua orang.

“Dukungan kode QR di WhatsApp beta untuk iOS dan Android bukan cara untuk menyembunyikan nomor telepon Anda. Kode QR selalu terhubung dengan nomor telepon pengguna,” cuit WABetaInfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *