Jejak Zaman Megalitikum di Lembah Bada

Jejak Zaman Megalitikum di Lembah Bada,- batu megalitik yang tersebar di seluruh Indonesia. Hampir semua pulau-pulau ditemukan batu-batu ini dengan sejarah dan bentuk.

Di jantung pulau Sulawesi, tepatnya Indo Poker di lembah yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Lore Lindu patung beban raksasa sejarah Napu, Besoa dan Bada suku yang pernah ditempati lembah ini.

Lembah ini disebut Lembah Bada, terletak sekitar 145 km dari kota Poso, atau sekitar lima jam dengan jalan melalui pegunungan di Poso, Sulawesi Tengah. Lembah Bada atau juga dikenal sebagai Lembah Napu, memiliki pemandangan yang indah.

Baca Juga: Serunya Mengeksplorasi Salah Satu Ekosistem Terumbu Karang Terpenting di Dunia di Kepulauan Togean

Pemandangan yang indah terlihat dari hamparan luas padang rumput sehingga mata dapat melihat. nilai-nilai yang lebih historis yang dapat ditarik dari daerah ini menambah rasa ingin tahu untuk mengetahui lebih dalam.

Patung-patung tersebar luas di wilayah Valle de Bada dikenal sebagai Patung Palindo oleh masyarakat setempat. Palindo dalam bahasa setempat memiliki arti “Penghibur”. Penamaan patung ini mengacu pada ukuran yang tampak tersenyum.

Patung-patung di Lembah Bada diyakini telah ada sejak abad ke-14 Keberadaan situs-situs tua dan menunjukkan bahwa pernah ada peradaban besar di wilayah ini. Banyak peneliti yang datang ke Lembah Bada untuk mencari tahu di mana patung-patung ini.

Baca Juga: Berwisata Bahari di Pantai Tanjung Karang

Namun sejauh ini, alasan mendasar untuk menciptakan ini misteri patung. Warga lembah juga, yang merupakan keturunan dari orang-orang yang berlalu, tidak mengetahui sama sekali tidak biasa seperti yang ada di lahan yang mereka tempati.

Keberadaan sebagian besar situs megalitik penting di dunia, seperti Stonehenge, Pulau Paskah, dan Lembah Bada tetap menjadi misteri sampai hari ini benar-benar menyimpan potensi wisata yang besar.

Anda akan diajak berkeliling rasa ingin tahu untuk belajar lebih dalam, terutama bagi wisatawan yang menyukai sejarah. situs megalitik disebutkan Lembah Bada menjadi situs megalitik terbesar di Indonesia.