Jangan pelit ya, Kamu Gak akan Rugi Kok saat Berbagi Ilmu

Jangan pelit ya, Kamu Gak akan Rugi Kok saat Berbagi Ilmu – Ilmu adalah salah satu hal paling berharga dan bermakna yang kita miliki. Dengan ilmu pengetahuan, kita bisa mengerti banyak hal di sekitar kita, memakainya untuk mencari nafkah, dan meningkatkan kualitas hidup. Itulah kenapa kita perlu terus mencari ilmu di dunia yang luas ini.

Bukan hanya untuk sendiri, ilmu yang kita miliki juga banyak bermanfaat untuk orang lain, yaitu jika kita mengajarkannya pada orang lain. Namun kamu mungkin agak ragu untuk melakukannya. Terutama kalau kamu sudah bersusah payah bertahun-tahun mempelajari ilmu tersebut, rasanya sayang jika memberikannya begitu saja pada orang lain. Berikut alasannya kamu jangan pelit untuk berbagi ilmu kepada teman atau orang lain

1. Berbagi ilmu akan mempertajam ilmu yang kamu miliki 

Sadarkah kamu bahwa saat kamu sedang mengajarkan suatu ilmu pada orang lain, sebenarnya kamu sedang mempelajari ulang ilmu tersebut? Ilmu adalah satu-satunya hal yang ketika dibagikan pada orang lain tetap gak akan berkurang. Malah, membagikan ilmu yang sudah kamu miliki akan membuat ilmu tersebut semakin tertanam di benakmu sehingga kamu gak cepat lupa.

Itu jauh lebih baik daripada menyimpan ilmu tersebut buat dirimu sendiri, apalagi kalau gak dipraktikkan. Pada akhirnya kamu malah bisa lupa, sehingga usahamu belajar selama bertahun-tahun malah jadi sia-sia. Tapi kalau kamu terus mengajarkannya, kamu akan menguasai ilmu tersebut selamanya.

2. Kalau kamu pelit, orang lain juga bisa pelit padamu 

Ada beberapa bidang ilmu yang bisa kita pelajari sendiri, tapi ada pula bidang ilmu dimana kita butuh tuntunan dari orang lain. Pasti kamu juga punya kelemahan tertentu dalam suatu bidang, sehingga kamu butuh orang lain untuk memahaminya.

Nah, supaya orang lain mau membantumu, kamu tentu juga harus mau membagikan ilmumu pada orang lain. Kalau kamu keburu dikenal sebagai orang yang pelit ilmu, bisa jadi gak ada orang yang mau mengajarmu soal berbagai bidang. Padahal bisa jadi bidang tersebut penting untuk kamu pelajari. Maka jangan jadi orang pelit supaya orang lain juga gak pelit padamu.

3. Bisa jadi sumber penghasilan  

mungkin kamu merasa ragu untuk memberikan ilmu secara cuma-cuma pada orang lain karena kamu merasa berhak dapat bayaran untuk itu. Hal itu gak salah, malah justru bagus. Semua orang harus bisa mencari nafkah, maka sangat bagus kalau kamu bisa dapat imbalan dari membagikan ilmumu.

Tapi untuk bisa sampai ke sana, bisa jadi pada awalnya kamu harus mengajarkan ilmumu secara cuma-cuma dulu. Tujuannya supaya orang-orang tahu bahwa kamu memang punya skill di bidang tersebut dan sanggup mengajarkannya. Kalau dari awal kamu sudah pelit untuk membagikannya, bagaimana orang lain bisa yakin kalau kamu memang mampu?

4. Orang yang kamu ajarkan belum tentu jadi saingan, mungkin justru jadi partner  

Ada pula orang yang khawatir untuk membagikan ilmunya pada orang lain karena bisa jadi orang tersebut malah jadi saingannya dalam berkarier. Kekhawatiran seperti itu wajar. Maka kamu memang perlu memilih-milih pada siapa kamu akan membagikan ilmumu. Jangan membagikan ilmu pada teman yang memang sukanya menang sendiri, karena bisa jadi kamu akan menyesal.

5. Kamu bisa bahagia 

Terakhir, ingat bahwa sama seperti memberi apapun, memberi ilmu bisa membuatmu bahagia. Bahkan kebahagiaanmu bisa lebih besar karena ilmu punya manfaat yang lebih bertahan lama dibanding hal materi. Plus, kebaikanmu untuk membagi ilmu pasti suatu saat akan kembali padamu. Mereka juga pasti akan membalas budi baikmu itu.