Hari Lahir Pancasila Menggema di Media Sosial

Hari Lahir Pancasila Menggema di Media Sosial – Hari Lahir Pancasila ditetapkan setiap 1 Juni. Pandemi virus corona pun harus membuat upacara sekaligus perayaan dilakukan secara virtual yang diikuti Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi menjelaskan momentum ini malah jadi ujian buat daya juang dan persatuan bangsa Indonesia.

Netizen pun turut merayakan kelahiran Pancasila lewat cuitan mereka di media sosial. Hingga tulisan ini diturunkan, ada lebih dari 66 ribu cuitan Pancasila beserta harapan-harapan akan Indonesia lebih baik. Tak pelak, ini pun jadi ‘trending topic’ di lini masa Poker IDN Play 77 Indonesia.

“Upacara yang tak berakhir! Kita memerlukan upacara ini tiap tahun untuk Hari Lahir Pancasila! Saya berharap saya bisa hadir di upacara yang sebenarnya untuk momen ini. Tak ada lagi upacara virtual,” tulis akun @JuicyOStar.

“1 Juni 2020. Selamat Hari Pancasila, sebagai warga negara Indonesia, kita harus menerapkan 5 poin pendahuluan dari Pancasila. Pancasila akan membawa kita untuk menjadi orang Indonesia yang maju #PancasilaSakti,” kata pemilik akun @vincentwangjaya disertai gambar garuda Pancasila.

Bahkan ada beberapa netizen yang mengunggah momen bersejarah terkait Pancasila. Pemilik akun @bachromii mengunggah video pidato Presiden Soekarno tentang Pancasila dalam sidang Kongres AS pada 1956.

Presiden Joko Widodo mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila secara virtual di Istana Negara, Jakarta, Senin. “Kebanggaan Indonesia #haripancasila #pancasila #indonesia,” tulisnya.

Upacara virtual diikuti Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan sejumlah menteri serta pejabat negara lain, di antaranya Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Sukarnoputri, dan Kepala BPIP Yudian Wahyudi.

“Peringatan hari lahir Pancasila kita laksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang menguji daya juang kita sebagai bangsa, menguji pengorbanan kita,” ujar Jokowi.

Meski demikian, menurutnya, masyarakat harus bersyukur Pancasila tetap menjadi petunjuk untuk bersatu dan saling berbagi di tengah pandemi. Ia menuturkan, hal itu justru semakin memperkokoh persaudaraan dan gotong-royong.

Pancasila harus terus dihadirkan secara nyata

“Dalam menghadapi semua ujian tersebut kita bersyukur Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan kita semuanya, menggerakkan persatuan dalam mengatasi semua tantangan, rasa kepedulian kita untuk saling berbagi,” ucap Jokowi.

Mantan wali kota Solo itu mengingatkan bahwa nilai-nilai luhur Pancasila harus terus dihadirkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. Ia mengatakan, Pancasila harus menjadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan maupun saat mengambil kebijakan dan keputusan pemerintah.

Menurut Jokowi, pandemi Covid-19 juga menguji kedisiplinan dan ketenangan bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan yang cepat dan tepat. “Menguji kedisiplinan kita, menguji kepatuhan kita, menguji ketenangan kita dalam mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat,” kata Jokowi.

Dalam sambutannya, Jokowi menyatakan bahwa peringatan hari lahir Pancasila yang digelar di tengah pandemi covid-19 telah menguji daya juang dan persatuan bangsa Indonesia.

“Peringatan hari lahir Pancasila kita laksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang menguji daya juang kita sebagai bangsa, menguji pengorbanan kita,” ujar Jokowi dalam sambutannya dalam upacara virtual, Senin.

Pancasila lahir bersamaan dengan pidato Soekarno berjudul ‘Lahirnya Pancasila’ dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (Dokuritsu Junbi Cosakai) pada 1 Juni 1945. Dalam pidatonya, Soekarno mengemukakan konsep dan rumusan Pancasila sebagai dasar negara.

“Kita Indonesia, kita Pancasila. Jangan pernah mencoba untuk mengganti ideologi negara. #HariLahirPancasila,” cuit pemilik akun @babywakkary. “Dirgahayu Pancasila. “Believe in God”,”Nasionalisme”, “Humanity”, “Democracy”, “Social Justice”,” tulis akun @elsaeca05.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *