Hal yang Harus Dipikirkan Sebelum Menikah

Hal yang Harus Dipikirkan Sebelum Menikah – Menikah adalah keputusan besar yang harus dipikirkan secara masak. Siap menikah bukan hanya soal urusan menyewa gedung, katering, busana untuk akad dan resepsi atau rumah baru yang akan ditempati.

Psikolog klinis Pingkan Rumondor mengatakan seseorang yang siap menikah punya kemampuan menyandang peran sebagai suami atau istri. Orang yang siap menikah juga bisa menjaga komitmen dalam hubungan sakral tersebut.

Dosen jurusan Psikologi di Universitas Bina Nusantara itu mengungkapkan kemampuan individu dan interpersonal yang dibutuhkan agar siap menikah dari hasil rumusan para ahli.

Manfaat Mempertimbangkan Kesiapan Sebelum Menikah

Jika Anda akan atau berencana segera menikah, siapkanlah waktu untuk mempertimbangkan berbagai hal terkait kesiapan. Kesiapan sebelum menikah ini perlu dipastikan sebaik mungkin karena berbagai alasan.

Alasannya tentu berkaitan dengan manfaat-manfaat positif yang akan Anda dapatkan nantinya dalam berumah tangga.

Mengurangi Resiko Perceraian dalam Rumah Tangga

Manfaat yang pertama adalah berkurangnya risiko perceraian dalam rumah tangga. Hal ini dapat terjadi karena perceraian yang diakibatkan tidak dapat mengambil keputusan dalam rumah tangga sudah sangat kecil kemungkinannya. Seluruh hal yang biasanya akan diputuskan sebagai pasangan suami-istri sudah dipikirkan bersama sebelum menikah.

Memastikan Kecocokan dengan Pasangan Lebih Mendalam

Selama masa berpikir bersama sebelum menikah, Anda juga bisa sekaligus mengetahui dan memastikan apakah Anda sudah benar-benar cocok dengan pasangan. Kepastian yang akan Anda dapatkan sifatnya tidak terbatas, melainkan jauh lebih mendalam.

Pasalnya pertimbangan dan pikiran yang dilakukan kedua belah pihak memang sudah dengan tujuan jelas yaitu merencanakan pernikahan. Jadi sangat bermanfaat untuk hubungan sebagai suami-istri nantinya.

Tidak Lagi Rentan pada Kondisi Konflik Rumah Tangga

Seperti diketahui, hubungan rumah tangga akan sangat banyak dihadapkan oleh konflik. Berbagai macam konflik ini tidak akan mudah dilalui jika sebelum menikah tidak ada pertimbangan yang matang sebelumnya. Itulah mengapa salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan dari memikirkan bersama keputusan sebelum menikah dengan pasangan adalah tidak rentan pada konflik.

Punya Kesepakatan Mengenai Berbagai Hal dalam Pernikahan

Tidak hanya itu saja, manfaat lain dari memikirkan berbagai hal sebelum menikah adalah mencapai banyak kesepakatan. Ada banyak hal yang harus disepakati sebelum benar-benar melangkah ke jenjang pernikahan.

Jika hal-hal tersebut belum bisa disepakati kedua belah pihak, maka sebaiknya pertimbangkan kembali keputusan Anda untuk menikah. Jangan sampai Anda dan pasangan menemukan kata tidak sepakat di hal-hal besar saat sudah menikah.

Memiliki Pengelolaan Keuangan yang Tepat dan Jelas

Manfaat lain dari berpikir dan mempertimbangkan bersama keputusan sebelum menikah ada pada aspek keuangan. Keuangan keluarga memiliki peranan penting dalam menjamin keberlangsungan rumah tangga.

Jika tidak dipikirkan bersama sebelum menikah, maka saat usia pernikahan masih sangat rentan akan mudah sekali terjadi perselisihan. Pengelolaan keuangan pun menjadi terbengkalai dan akibatnya keluarga mengalami kondisi sulit keuangan yang mengkhawatirkan.