Gejala Asam Urat dan Pengobatannya merupakan bentuk rematik umum dan kompleks yang bisa menyerang siapa saja. Hal ini terjaga dengan serangan rasa sakit, pembengkakan, kemerahan dan sakit pada sendi yang tiba-tiba dan parah, terjangkit di dasar jempol kaki.

Gejala Asam Urat dan Pengobatannya

Asam urat di dunia medis disebut sebagai gout. Orang yang mengidap asam urat menghasilkan terlalu banyak asam urat atau lebih sering lagi, ginjal mereka tidak memadai untuk mengeluarkannya.

Ada sejumlah konsekuensi yang mungkin timbul dari penumpukan asam urat ini di dalam tubuh, termasuk artritis gout (nyeri sendi karena asam urat) akut dan kronis, batu ginjal, dan endapan asam urat lokal (tophi) di kulit dan jaringan lainnya yang menyebabkan benjolan pada kulit. Asam urat bisa terjadi sendiri (asam urat primer) atau mungkin terkait dengan Agen Live22 Indonesia kondisi medis atau obat lain (asam urat sekunder).

Diagnosis nyeri sendi karena asam urat ini ditegakkan secara pasti dengan mendeteksi kristal asam urat (monosodium urate) dalam sampel aspirasi cairan sendi. Kristal asam urat ini dapat menumpuk di sendi dan jaringan di sekitar sendi selama bertahun-tahun, yang sebentar-sebentar memicu peradangan berulang yang akut.

Dilihat juga : Cara Mengolah Kulit Kentang

Asam urat dihasilkan saat tubuh melakukan metabolisme makanan yang kita makan dan saat jaringan tubuh dipecah selama perputaran sel normal.

Spesialis Pengobatan Asam Urat

Gout ditangani oleh dokter layanan primer, dokter umum, dokter penyakit dalam, dan dokter keluarga. Spesialis penyakit dalam khusus yaitu subspesialis rheumatologi memiliki keahlian khusus untuk mendiagnosis dan mengelola asam urat.

Pengobatan Asam Urat

Sementara beberapa obat digunakan untuk mengobati sendi yang panas dan bengkak, obat lain digunakan untuk mencegah serangan asam urat lebih lanjut. Dengan obat-obatan ini, orang yang terkena harus menghubungi dokter jika dia merasa obat tidak bekerja atau apakah dia memiliki masalah lain dalam pengobatan.

Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati asam urat akut dan atau mencegah serangan lebih lanjut adalah sebagai berikut:

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID):

  • Obat antiperadangan dosis tinggi digunakan untuk mengendalikan peradangan dan dapat dikurangi dosisnya dalam beberapa minggu
  • Contohnya meliputi indometasin (Indocin), ibuprofen (Advil), dan naproxen (Aleve). Obat baru seperti celecoxib (Celebrex) juga bisa digunakan. Aspirin tidak boleh digunakan untuk kondisi ini.
  • Komplikasi utama dari obat ini meliputi sakit perut, perdarahan ulkus, dan penurunan fungsi ginjal.
  • Beritahu dokter tentang masalah kesehatan lainnya, terutama jika orang tersebut memiliki riwayat penyakit ulkus peptik atau pendarahan usus, jika mengonsumsi warfarin (coumadin), atau jika orang tersebut memiliki masalah dengan fungsi ginjal

Beberapa solusi yang dapat dilakukan dalam mengatasi asam urat adalah:

  • Minum obat sesuai resep.
  • Ketika sendi panas dan bengkak, orang mungkin ingin menggunakan tongkat atau penyangga untuk menjaga bobot badan terhadap sendi tersebut.
  • Mengelevasikan (meninggikan) sendi yang sakit dapat membantu meredakan nyeri.
  • Es bisa membantu mengurangi rasa sakit dan mengurangi peradangan.
  • Mempertahankan asupan cairan yang adekuat adalah kunci untuk meminimalkan frekuensi dan intensitas serangan.
  • Minum jus ceri bisa menurunkan intensitas dan tingkat keparahan serangan.
  • Menghindari makan daging merah, organ dalam (jeroan), ragi, kerang, dan ikan berminyak karena ini meningkatkan risiko asam urat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *