Edukasi Seks Perlu Diterapkan ke Anak Sejak Dini

Edukasi Seks Perlu Diterapkan ke Anak Sejak Dini – Memberikan pendidikan seks pada anak sering kali dianggap hal yang tabu bagi orangtua. Padahal, pendidikan seks seharusnya sudah diberikan sejak dini.

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi Boyke Dian Nugraha mengungkapkan berbagai alasan mengapa memberi pendidikan seks sejak dini pada anak sangat penting. Boyke mengatakan, memberi pendidikan seks sejak dini bisa melindungi anak dari pelecehan seksual.

Berikut alasan mengapa pendidikan seks perlu diterapkan sejak usia dini. Simak ulasannya..

Agar anak memahami dan menerima perubahan fisik dan emosional yang ia alami

Pendidikan seks gak hanya membahas tentang hubungan seks saja lho, namun juga membahas tentang perubahan apa saja yang akan terjadi pada saat masa pubertas, seperti perubahan fisik dan emosional.

Orang tua harus memberikan pemahaman secara terperinci mengenai perubahan-perubahan apa saja yang akan dialami sang anak ketika ia nanti memasuki masa pubertas, serta hubungan dari perubahan tersebut dengan perilaku seks. Agar nanti sang anak tidak terkejut dan bersikap bijaksana saat ia memasuki masa pubertas.

Agar anak memiliki kesadaran akan pentingnya masalah seksualitasĀ 

Para orang tua tidak perlu khawatir akan dampak dari pemberian pendidikan seks sejak dini, karena pendidikan seks dapat disesuaikan dengan usia sang anak sehingga akan lebih memudahkan bagi sang anak untuk mencerna pemahaman yang diberikan orang tua padanya.

Sebaiknya, berikan pemahaman pada sang anak tentang bagian tubuh mana saja yang boleh dilihat orang lain, dan yang tidak boleh dilihat orang lain, serta bagian tubuh mana saja yang boleh dipegang orang lain dan yang tidak boleh dipegang.

Dengan begitu, sang anak akan lebih berhati-hati dalam menjaga dirinya dan tidak melakukan hal tersebut pada orang lain, sehingga risiko pelecehan seksual terhadap anak pun dapat dihindari.

Meningkatkan percaya diri anak dalam pergaulanĀ 

Dengan adanya pendidikan seks dari orang tua, maka secara tidak langsung kepercayaan diri anak akan tumbuh. Ia akan lebih percaya diri pada lingkungan pergaulannya. Selama ia bisa menjaga dirinya dengan baik, dan memahami batasan apa saja yang boleh dan tidak boleh mereka lakukan, maka bergaul dengan lawan jenis pun tetap akan membuat mereka merasa aman dan nyaman.

Salah satu alasan terpenting adanya pendidikan seks pada usia dini, agar dapat menghapus rasa ingin tahu yang tidak sehat. Di era yang digital ini tidak sulit bagi anak-anak untuk mendapatkan informasi seputar seks dari internet. Pengaruh dari lingkungan pergaulan memiliki peranan yang cukup besar dalam mengakses konten-konten dewasa tersebut.

Pembicaraan tentang seks merupakan hal yang sensitif, apalagi jika dibicarakan pada anak yang mulai pubertas. Tapi sebaiknya hal tersebut tetap harus dilakukan orang tua agar anaknya tidak terjerumus ke hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk menghilangkan rasa canggung dengan anak, alangkah baiknya orang tua memosisikan dirinya sebagai sahabat anaknya, dan memberikan penjelasan tentang seks dengan gaya bahasa yang santai dan tidak ada unsur menghakimi.

Dengan demikian, anak akan lebih nyaman membicarakan tentang seks dengan orang tua, yang nantinya bisa membuat anak menjadi pribadi yang jujur dan terbuka pada orang tuanya.