Cara Supaya Kamu Gak Merasa Cemburu dengan Mantannya Pacarmu Gak hanya cemburu dengan lawan jenis yang terlihat dekat dengan pacar, nyatanya kamu juga bisa merasa cemburu dengan mantan kekasih pacarmu. Cemburu pada mantannya pacar mungkin akan terlihat cute pada awalnya, namun ini akan berdampak buruk pada hubunganmu jika diteruskan.

Dilansir Clinton Power dan Your Tango, inilah 7 cara supaya kamu gak merasa cemburu dengan mantannya pacarmu. Coba cek dulu di bawah ini!

SUPPORT BY AGEN CLUB38

DILANSIR DARI http://mysmumn.org/

http://mysmumn.org/

1. Validasi perasaanmu, dengan mengakui jika kamu merasakan kecemburuan

7 Cara Supaya Kamu Gak Merasa Cemburu dengan Mantannya Pacarmu

Jika kamu memang merasa gak nyaman, maka kamu gak perlu berpura-pura untuk merasa baik-baik saja. Kamu juga gak harus menekan emosi negatif itu. Kamu perlu mengakui bahwa kamu merasakan kecemburuan dengan mantannya pacarmu.

Dengan mengakui dan menerima perasaan ini, maka kamu akan merasa lebih lega karena telah jujur dengan dirimu sendiri. Selain itu, kamu pun menjadi lebih memahami apa yang kamu rasakan.

2. Identifikasi dan cari tahu, mengenai hal yang membuatmu cemburu

7 Cara Supaya Kamu Gak Merasa Cemburu dengan Mantannya Pacarmu

Langkah selanjutnya adalah mencari tahu hal apa dari mantan pacar, yang membuatmu cemburu. Mengidentifikasi sesuatu akan sangat penting, untuk membuatmu secara tepat mengetahui letak permasalahannya. Contohnya, apakah mantannya pacarmu terlihat masih menghubungi pacar, atau kamu merasa jika dia lebih menarik secara fisik dibandingkan dirimu.

Terkadang rasa cemburu ini juga kerap muncul, karena kamu merasa jika mantannya lebih cocok dengan pacarmu, bahkan dibandingkan dengan dirimu sendiri. Mungkin kamu akan merasakan ketidaknyamanan untuk memikirkannya, namun itulah langkah awal yang harus berhasil kamu lalui.

3. Ingatlah bahwa kisah asmara mereka telah berakhir, dan kini kamulah yang sedang menjalin hubungan

7 Cara Supaya Kamu Gak Merasa Cemburu dengan Mantannya Pacarmu

Sesempurna apa pun kamu menilai mantannya pacar, hubungan yang berlangsung di antara mereka telah berakhir. Putusnya sebuah hubungan tentu disertai dengan adanya sebab. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah berpikir bahwa saat ini, kamulah pacarnya.

Perhatian pacarmu kini terfokus padamu, dan bukan pada mantannya. Berusaha berpikir positif seperti ini mungkin cukup sulit, karena terhambat dengan pikiran negatif yang penuh kecurigaan dan dugaan. Akan tetapi, berusahalah untuk menyadarkan dirimu sendiri mengenai posisimu saat ini.

4. Pikirkan bagaimana kecemburuan ini akan berdampak buruk pada hubunganmu

7 Cara Supaya Kamu Gak Merasa Cemburu dengan Mantannya Pacarmu

Jika berpikir positif gak mempan untukmu, maka mungkin kamu perlu memikirkan mengenai dampak negatif kecemburuanmu ini pada hubunganmu. Hubungan percintaan yang dijalin oleh seseorang yang penuh kecurigaan, tentu akan membuat hubungan terasa gak nyaman.

Gak ada rasa kepercayaan antara satu sama lain, hingga bersikap posesif pada pacar. Jangan sampai kecemburuanmu akan masa lalunya, justru menghancurkan hubungan asmaramu saat ini.

5. Coba bicarakan hal ini dengan pacar

7 Cara Supaya Kamu Gak Merasa Cemburu dengan Mantannya PacarmuKamu bisa membicarakan mengenai kecemburuanmu ini kepada pacar. Ini bertujuan supaya dia mengetahui apa yang sedang kamu rasakan mengenai kehidupan asmara di masa lalunya. Utarakan apa pikiran-pikiran yang sedang berkecamuk dalam kepalamu. Mintalah pacar untuk bercerita sedikit mengenai masa lalunya, atau sekadar menenangkanmu yang sedang dilanda kekhawatiran.

Akan tetapi, tips ini mungkin akan membuat pacar merasa gak bisa dipercaya. Kamu perlu melihat bagaimana sikap pacarmu, apakah bisa diajak berbicara mengenai masa lalunya, atau cenderung menghindar.

6. Fokuslah untuk membangun hubungan asmaramu saat ini

7 Cara Supaya Kamu Gak Merasa Cemburu dengan Mantannya PacarmuSalah satu cara supaya kamu gak terusik dengan pikiran negatif atau kecemburuan mengenai mantannya pacar, adalah dengan berfokus membangun kekuatan hubunganmu saat ini. Luangkan waktu untuk saling bertemu, mengobrol atau quality time.

Jaga komunikasi dan bangunlah kepercayaan satu sama lain. Ketika kamu dan pacar mulai menemukan kenyamanan satu sama lain, maka kekhawatiran atau kecemburuan masa lalu akan menghilang dengan sendirinya.

7. Klise, tapi penting. Jadilah dirimu sendiri

7 Cara Supaya Kamu Gak Merasa Cemburu dengan Mantannya Pacarmu

Salah satu kecemburuan disebabkan akibat dirimu yang kerap membandingkan diri dengan mantannya pacar, seperti betapa menariknya fisik maupun kualitas dirinya. Kamu mungkin akan tergoda, baik dengan sadar maupun gak, untuk menyamainya. Sayangnya gak semua hal bisa kamu samakan.

Justru perbedaan itulah yang membuatmu unik. Lantas, kenapa kamu malah ingin menjadi seperti mantannya yang telah ditinggalkannya? Kamu mungkin bisa meminta pendapat pacar mengenai hal apa yang disukai dan dikagumi oleh pacarmu mengenai dirimu.

Itu dia cara mengatasi rasa cemburu dengan mantannya pacarmu. Jika kamu masih merasa khawatir dan gak bisa menghilangkan kecemasanmu, kamu bisa mendatangi psikolog!