Cara Mengolah Kulit Kentang untuk pengobatan dan kecantikan sangat di perlukan agar tidak terjadi hal yang tidak di Inginkan. Sebelumnya sudah dibahas juga mengenai 6 Manfaat Kulit Kentang Untuk Kesehatan. Dengan membaca artikel kami sebelumnya, tentu anda akan lebih mengetahui manfaat dan juga cara mengolah kulit kentang.

Sebelum mengolahnya, cari kentang organik yang aman dari pestisida karena makan makanan dari produk organik akan lebih menyehatkan tubuh.

Cara Mengolah Kulit Kentang

Berikut beberapa cara mengolah kulit kentang untuk pengobatan dan kecantikan:

  • Bersihkan kulit kentang
    Kulit kentang yang telah dipisahkan dari dagingnya dicuci menggunakan air hingga bersih.
  • Potong kulit kentang
    Mengupas kulit kentang biasanya memanjang, untuk itu potong menjadi beberapa bagian agar mudah dikonsumsi atau diolah untuk perawatan kulit.
  • Rebus kulit kentang
    Rebus dalam air selama lima menit. Air rebusan air kulit kentang bermanfaat sebagai ramuan untuk mengobati rematik, hipertensi, dan masalah kesehatan lainnya.
  • Memanggang kulit kentang
    Cara yang lebih baik untuk memakannya agar mendapatkan manfaat untuk kesehatan, adalah dengan membuat kentang panggang dan ditambahkan sedikit mentega, garam, dan merica, serta toping (misalnya paprika, tomat, atau sayuran lainnya).
  • Menghaluskan kulit kentang
    Kulit yang sudah dihaluskan dicampur sedikit susu sampai menjadi pasta kental. Oleskan pasta ini ke kulit wajah dan biarkan selama 15 hingga 30 menit. Bilas wajah dan keringkan dengan handuk bersih.

Efek Samping Kulit Kentang

Mengonsumsi kulit kentang aman, namun orang yang memiliki penyakit kelamin dan cenderung mengalami afrodisiak tidak disarankan mengonsumsinya karena memiliki racun alkaloid yang mempengaruhi organ seksual. Orang yang memiliki alergi (gatal, kemerahan, pembengkakan) juga harus menghindarinya.

Apabila Anda tidak terlalu suka mengonsumsi kentang yang disajikan bersama kulitnya, tidak ada salahnya untuk mengupasnya terlebih dahulu. Hal yang paling penting, kentang mesti diolah dengan cara direbus atau dikukus, bukan dengan digoreng agar manfaatnya benar-benar optimal bagi tubuh.

Tetap ingat untuk membatasi porsi kentang yang dikonsumsi agar manfaatnya tidak hilang dan malah menyebabkan efek samping yang merugikan tubuh Anda.

Jadi jika menjawab mana yang lebih baik antara makan kentang tanpa atau dengan kulitnya, tentunya konsumsi kentang dengan kulitnya adalah yang terbaik bagi kesehatan Anda. Namun, Anda mesti paham bahwa kentang yang hendak disajikan bersama kulit mesti dicuci bersih terlebih dahulu dan diolah dengan cara yang tepat.+

Sumber : doktersehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *