Ada banyak pilihan Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah secara alami dan medis yang bisa dicoba. Pada umumnya, luka di bagian tubuh lainnya mungkin bisa ditutupi dengan pakaian. Namun berbeda halnya bila ada bekas luka di wajah yang membuat seseorang tidak percaya diri ketika di hadapan orang lain.

Bekas luka di wajah dapat muncul dalam berbagai bentuk dan penyebab. Mulai dari jerawat, cedera, luka bakar, atau operasi. Bekas luka di wajah bisa dihilangkan dengan berbagai macam perawatan alami maupun perawatan medis.

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Berikut ini adalah sejumlah cara menghilangkan bekas luka di wajah:

1. Madu

Manfaat madu juga digunakan untuk berbagai pengobatan, termasuk luka, luka bakar, dan herpes. Penelitian menunjukkan bahwa madu mempercepat penyembuhan luka.

Dilihat juga : 3 Vitamin Penambah Nafsu Makan

2. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah sering digunakan untuk mengobati luka, termasuk sebagai cara menghilangkan luka di wajah. Jika ingin menghilangkan bekas luka jerawat, penggunaan lidah buaya bersama madu dapat membantu proses penyembuhan.

3. Air Lemon

Meski belum ada penelitian yang signifikan untuk membuktikan bahwa air lemon efektif sebagai penghilang bekas luka di wajah akibat jerawat. Namun, cukup banyak bukti yang merasakan khasiat air lemon untuk menghilangkan bekas luka.

4. Ekstrak Bawang Merah

Pengobatan alami yang juga paling sering digunakan sebagai cara menghilangkan luka di wajah adalah ekstrak bawang merah. Hasilnya membuat kulit yang tadinya kemerahan dan terasa lunak akan tampak lebih baik. Ekstrak bumbu dapur ini banyak tersedia dalam produk perawatan bekas luka yang tersedia di toko obat.

5. Mentimun

Selain menghilangkan kantung mata, manfaat mentimun juga dapat membantu menghilangkan bekas luka jerawat dan mengurangi peradangan. Ini berkat beberapa efek antiinflamasi dari fitokimia yang terbentuk secara alami yang disebut cucurbitacins dan efek antioksidan dari flavonoid di dalam mentimun. Mentimun juga memiliki agen pencerah yang dapat membantu mengurangi kemerahan di pada bekas jerawat.

6. Pijat Menggunakan Lotion

Cara lain yang bagus dan terjangkau untuk membantu menghilangkan bekas luka yang lebih cepat adalah dengan mencoba memijat area tersebut dengan lotion. Jika memijat secara lembut pada bekas luka selama 15 sampai 30 detik beberapa kali sehari, ini akan membantu memecah kolagen padat yang menempel pada jaringan di bawah kulit.

Sumber : doktersehat.com