6 Penyebab Badan Menjadi Gemuk tidak hanya karena makan banyak. Namun kondisi kesehatan yang bermasalah juga dapat menjadi penyebab penambahan berat badan. Kelebihan berat badan atau obesitas terkait dengan beberapa kondisi atau dikenal sebagai sindrom metabolik. Pada umumnya seseorang yang terkena sindrom metabolik memiliki risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2 yang lebih tinggi. Kondisi ini dapat dicegah dengan mengetahui berbagai penyebab tubuh gemuk.

6 Penyebab Badan Menjadi Gemuk

1. Junk Food

Junk food atau makanan cepat saji dikenal sebagai makan yang tidak sehat karena sering kali mengandung lemak, kalori, dan zat aditif termasuk MSG (monosodium glutamate), natrium, dan pemanis buatan.

Pembuatan makanan cepat saji juga bertujuan agar harganya murah, tahan lama, dan rasanya sangat enak sehingga membuat pelanggannya ketagihan. Inilah alasan mengapa junk food menjadi salah satu makanan penyebab badan gemuk.

Dilihat juga : Mengenali 5 Penyebab Diabetes

2. Kecanduan Makanan

Kecanduan makanan tertentu seperti junk food juga menjadi penyebab gemuk. Bahkan kecanduan makanan cepat saji sering dibandingkan dengan penyalahgunaan obat-obatan terlarang, termasuk nikotin, ganja dan kokain.

3. Pola Makan yang Buruk

Salah memilih makanan adalah alasan utama mengapa tubuh mudah gemuk meskipun hanya makan sedikit. Sebagai contoh, hanya mengonsumsi sepotong kue yang kaya akan kandungan gula dan kalori akan mudah membuat tubuh menjadi lebih gemuk. Sama halnya dengan makanan manis lainnya, seperti permen, minuman bersoda, dan bahkan jus buah sekalipun.

4. Gula

Sudah kita ketahui bersama bahwa mengonsumsi gula menjadi salah satu penyebab gemuk. Itu karena gula mengubah hormon dan biokimia tubuh ketika dikonsumsi berlebihan, yang pada gilirannya menambah lemak di tubuh, terutama pada perut.

5. Faktor Genetik

Kelebihan berat badan atau obesitas memiliki komponen genetik yang kuat. Itu sebabnya, anak-anak dari orang tua yang gemuk lebih cenderung gemuk dibandingkan anak-anak dari orang tua yang kurus.

Namun, bukan berarti obesitas sepenuhnya disebabkan faktor genetik. Faktor lingkungan, perilaku, dan pola makan yang buruk juga dapat memberikan efek besar pada gen, yang pada akhirnya menjadi penyebab gemuk.

3. Stres

Stres ternyata ikut berpengaruh pada naiknya berat badan meskipun sebenarnya makan sedikit. Hal ini terjadi karena adanya hormon steroid yang dikenal sebagai kortisol untuk membantu tubuh mengendalikan stres. Ketika stres, tubuh melepaskan kortisol yang berdampak pada metabolisme tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *