5 Makanan Untuk Penderita Tipes Agar Cepat Sembuh

5 Makanan Untuk Penderita Tipes Agar Cepat Sembuh – Tipes atau deman tifoid merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Penyakit ini umumnya disebarkan melalui makanan maupun minuman yang telah terkontaminasi feses atau air seni penderitanya.

Khusus untuk tipes, bagian tubuh yang mengalami gangguan akan terfokus pada saluran cerna, khususnya usus halus. Oleh sebab itu, ada banyak anjuran dan pantangan makanan untuk penderita tipes. Selain itu, secara umum penyakit tipes perlu mendapatkan pengobatan melalui pemberian antibiotik APK IDNPlay yang dapat dikombinasikan dengan obat pereda rasa sakit dan multivitamin untuk membantu menjaga stamina tubuh.

Penderita tipes wajib hindari makanan yang mengandung serat tinggi, makanan pedas, asam, makanan cepat saji, makanan mentah, dan makanan berlemak karena sulit dicerna dan dapat mengiritasi usus yang sudah meradang.

Berikut ini anjuran makanan untuk penderita tipes agar sembuh lebih cepat. Yuk simak!

1. Bubur 

Bubur merupakan salah satu makanan untuk penderita tipes yang paling banyak direkomendasikan. Mengingat teksturnya yang halus dan mudah dicerna sehingga tidak memberatkan kerja sistem pencernaan terutama usus.

Agar lebih menggugah selera, sajikan bubur dengan kaldu ayam, kecap manis, kacang, dan sedikit suwiran ayam rebus.

2. Nasi

Apabila penderita kurang selera dengan menu bubur yang disajikan, maka tak ada salahnya untuk mengonsumsi nasi. Nasi merupakan jenis karbohidrat sederhana yang tentunya memiliki kalori tinggi sehingga dapat memberikan energi instan bagi penderita agar lebih kuat dalam melawan penyakit tipes.

Ada baiknya nasi yang akan disajikan memiliki tekstur yang lebih lembut dari biasanya. Disarankan untuk mengolahnya menjadi nasi tim yang berisi kaldu ayam, telur rebus, jamur merang, bawang putih, bawang bombay, jahe serta dada ayam yang dipotong dadu agar mendapatkan gizi yang lengkap.

3. Kentang Tumbuk

Kentang tumbuk atau mashed potato sangat pas bila disajikan sebagai menu makanan untuk penderita tipes. Di dalam kentang tumbuk terdapat beberapa nutrisi atau gizi penting yang bisa didapatkan dari bahan dasarnya seperti susu, beberapa sayuran dan rempah serta dari kentang sendiri yang mengandung karbohidrat tinggi.

4. Puding

Agar menu makanan penderita tipes lebih bervariasi, masukkan puding ke dalamnya. Puding memiliki tekstur yang lembut serta mudah dicerna. Kandungan gula pada puding juga dapat dijadikan sumber tenaga, terlebih puding dapat diolah dengan susu dan campuran buah seperti cranberry, aprikot, atau alpukat. Selain dapat menambah nafsu makan, nutrisinya pun sangat bermanfaat bagi penderita tipes.

5. Ikan

Ikan kaya akan kandungan protein hewani yang sangat mudah dicerna dan mampu mendongkrak energi. Beberapa ikan laut seperti salmon, tuna dan makarel kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan, sehingga akan sangat berpengaruh terhadap pemulihan kesehatan penderita tipes.

Ikan dapat diolah dengan cara direbus, ditim, atau dipepes dengan tambahan beberapa rempah-rempah agar nutrisinya semakin lengkap.