5 Cara Melatih Mental Anak Agar Menjadi Mandiri dan Berani

5 Cara Melatih Mental Anak Agar Menjadi Mandiri dan Berani – Menjadi orang tua adalah suatu kebanggaan. Karena bagaimana karakter dari anak kita nanti, itu tergantung dari peran orang tua yang mendidiknya.

Termasuk beberapa hal yang Mama harus siapkan agar kelak anak dapat tumbuh sehat dan aktif. Beberapa hal yang harus Mama siapkan adalah kesehatan dan kecerdasan si Kecil.

Dilansir https://lamarieeenfolie.com ada beberapa cara melatih mental Tangguh anak agar menjadi berani dan mandiri. Yuk simak ulasannya

1.Biarkan Si Kecil Menentukan Pilihan

Cara melatih mental tangguh yang pertama adalah dengan cara membiarkan si Kecil untuk menentukan pilihan. Anak yang pemberani dan memiliki mental tangguh adalah anak yang dapat menentukan pilihannya sendiri dan dapat memecahkan masalah. Jika Mama ingin si Kecil menjadi mandiri dan berani, Mama harus membiarkan si Kecil menentukan pilihan.

Si Kecil belum bisa memilih hal-hal rumit, Mama bisa memberikan pilihan menu makan apa yang si Kecil inginkan untuk makan siang atau baju apa yang ingin dipakai ketika ingin bepergian.

2.Ajarkan Kemampuan Sosial Pada si Kecil

Alasan mengapa si Kecil menjadi anak yang penakut dan tidak mandiri adalah karena si Kecil tidak mengetahui cara berinteraksi dengan orang lain. Si Kecil membutuhkan waktu dan latihan untuk bisa berinteraksi dengan orang asing selain keluarganya. Oleh karena itu, Mama harus mengajarkan si Kecil dasar-dasar kemampuan sosial agar si Kecil menjadi lebih berani.

Mama bisa mengajak si Kecil ke supermarket dan perintahkan si Kecil untuk membayar barang belanjaan di kasir. Selain itu, Mama juga bisa mengajak si Kecil bermain dengan anak teman dari Mama yang memiliki usia yang sama.

3.Memberikan Contoh Secara Langsung

Cara melatih mental tangguh anak yang cukup efektif adalah dengan cara memberikan contoh secara langsung. Si Kecil belajar dengan efektif dengan cara meniru sikap dan perilaku orang tuanya. Oleh karena itu, Mama bisa melatih si Kecil memiliki mental tangguh dan pemberani dengan cara mencontohkan hal-hal sederhana kepada si Kecil.

Sebagai contoh, jika Si Kecil takut berenang, Mama bisa mulai menyelam di air untuk menunjukan bahwa tidak ada yang harus ditakuti saat berenang. Ketika Si Kecil sudah melihat contoh yang baik dari Mama nya, si Kecil akan menjadi lebih berani.

4.Ajarkan si Kecil untuk Mengekspresikan Perasaan

Salah satu cara melatih mental tangguh si Kecil adalah dengan cara mengajarkan dan membiarkan si Kecil untuk dapat mengekspresikan perasaannya.  Layaknya orang dewasa, si Kecil juga bisa merasakan berbagai macam emosi seperti bahagia,

5.Memberikan Kepercayaan Diri Pada Anak
Agar mental anak memiliki mental Tangguh dan berani, Mama harus memberikan kepercayaan diri pada Anak. Mama bisa tanamkan mindset bahwa si Kecil bisa melewati berbagai rintangan jika si Kecil berani untuk mencoba. Sebaiknya, Mama sebagai orang tua menghindari mengatakan kepada si Kecil bahwa si Kecil melakukan beberapa hal karena akan menurunkan kepercayaan diri si Kecil.
Mama juga bisa menemani si Kecil pergi ke ulang tahun untuk pertama kalinya agar si Kecil merasa aman dan berani untuk datang.