4 Tips Cara Mencegah Pelecehan di Tempat Kerja

4 Tips Cara Mencegah Pelecehan di Tempat Kerja – Pelecehan seksual di tempat kerja adalah segala tindakan seksual yang tidak diinginkan. Beberapa aksi pelecehan seksual di kantor misalnya permintaan langsung untuk melakukan perbuatan seksual.

Suasana kantor yang damai dan menyenangkan menjadi salah satu keinginan setiap pekerja. Sebaliknya jika memiliki lingkungan kerja yang tidak mendukung akan dapat mempengaruhi kinerja dalam bekerja. Sehingga pekerjaan yang dilakukan tidak mendapatkan hasil yang maksimal.

Pelecehan seksual tidak memandang waktu dan tempat. Aksi bejat pelaku pelecehan dapat terjadi dimana saja dan kapan saja, entah di jalan, kereta api, pasar ataupun kantor. Sebagai pekerja, anda perlu tahu tips cara download idnplay serta mencegah pelecehan di tempat kerja.

1. Melakukan sosialisasi dan edukasi tentang pelecehan seksual

Seorang pengusaha melalui HRD harus melakukan sosialisasi dan edukasi terhadap isu pelecehan seksual bagi setiap karyawan. Hal ini dapat dilakukan melalui memuat informasi, selebaran atau pengumuman mengenai pencegahan pelecehan seksual yang terjadi di tempat kerja.

2. Membuat program pencegahan pelecehan seksual 

Perusahaan dapat melakukan sebuah program tentang penanganan pencegahan pelecehan seksual melalui kegiatan orientasi secara langsung kepada karyawan untuk mengenali isu pelecehan seksual. Memberikan pelatihan terhadap karyawan untuk mengenali masalah-masalah yang ada di tempat kerja.

3. Membentuk tim respon terhadap pelecehan seksual 

Pelecehan seksual menjadi salah satu permasalahan serius yang ada di tempat kerja. Oleh karena itu, membentuk tim respon dalam mengorganisir tindakan pencegahan pelecehan seksual harus dilakukan untuk menekan terjadinya pelecehan seksual di tempat kerja. Karyawan dapat melaporkan seluruh permasalahannya melalui tim tersebut.

4. Kebijakan Perusahaan

Perusahaan harus mendorong karyawan untuk melaksanakan tindakan pencegahan pelecehan seksual dan mengambil tindakan disiplin dalam bentuk ketatnya kebijakan perusahaan dalam pelanggaran pelecehan seksual ini. Hal ini untuk membentuk kedisiplinan karyawan dalam isu pelecehan seksual ini.