Indonesia mempererat Hubungan Kerjasama Pendidikan dengan Kolombia

Indonesia mempererat Hubungan Kerjasama Pendidikan dengan Kolombia – Upaya terbaik untuk meningkatkan kualitas SDM masyarakat Indonesia adalah melalui pendidikan. Sayangnya masih banyak sekolah yang belum optimal dalam menyediakan layanan pengajaran yang optimal karena kekurangan fasilitas.

Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi problem tersebut adalah menjalin kerjasama dengan pihak ketiga. Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bogota, Kolombia telah memfasilitasi terbentuknya kerja sama antara Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Universitas EAFIT (Escuela de Administración, Finanzas e Instituto Tecnológico) Medellin.

Kerja sama antara kedua universitas tersebut diresmikan dalam perjanjian yang ditandatangani oleh kedua rektor di tempat download idn poker android masing-masing, kata Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bogota dalam rilis resmi.

1. Kerjasama pertama UMM dengan universitas di kawasan Amerika Latin

Rektor UMM, Dr. Fauzan dalam kesempatan tersebut menyampaikan, kampusnya telah melakukan kerja sama dengan berbagai universitas di berbagai belahan dunia, namun kerjasama dengan Universitas EAFIT merupakan yang pertama dengan universitas di kawasan Amerika Latin.

Ia pun siap melaksanakan perjanjian kerja sama ini dalam waktu dekat melalui program-program unggulan. Hal itu di lakukan sebagai kontribusi nyata bagi pengembangan kerja sama bilateral di sektor pendidikan antara Indonesia dan Kolombia.

Senada dengan Rektor Fauzan, Rektor Universitas EAFIT, dalam pesannya yang di sampaikan oleh wakil rektor, Claudia Zea, menyambut baik kerjasama dengan UMM. Ia juga mengatakan bahwa perhatian besar dari EAFIT terhadap Indonesia telah di lembagakan melalui pembentukan Pusat Studi Asia Pasifik di universitas tersebut sejak tahun 2006.

Kerja sama di bidang pendidikan antara UMM dan Universitas EAFIT ini merupakan yang kedua setelah kesepakatan serupa dilakukan oleh Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur dan Universitas Externado, Bogota, pada tanggal 28 Agustus lalu.

Kedua kerja sama ini dijalin dalam rangka merayakan 40 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Kolombia.

2. Tanggapan duta besar RI

Duta Besar Republik Indonesia untuk Kolombia, Priyo Iswanto, pun menyaksikan acara penandatanganan perjanjian tersebut secara virtual. Dalam kesempatan itu ia menyampaikan, penandatanganan kerja sama di bidang pendidikan antara UMM dan Universitas EAFIT Medellin memiliki arti penting, terutama dalam meningkatkan kongsi secara konkret di sektor pendidikan guna melengkapi kerja sama yang selama ini masih terbatas pada saling memanfaatkan beasiswa yang di sediakan oleh Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Kolombia.

Kedua negara memiliki banyak kesamaan. Dan kerjasama antar-universitas ini sangat bermanfaat untuk saling bertukar ‘best practices’ yang di miliki. Dan meningkatkan ‘people to people contact. kata Priyo Iswanto, menurut rilis tersebut.

3. Tanggapan duta besar Kolombia

Pererat Hubungan, RI-Kolombia Jalin Kerja Sama Pendidikan

Selain Duta Besar Republik Indonesia untuk Kolombia. Acara tersebut juga di hadiri oleh Duta Besar Kolombia untuk Indonesia, Juan Camilo Valencia.

Juan mengatakan bahwa kerja sama tersebut bermakna strategis. Dan tidak di ragukan lagi akan mampu menjembatani kesenjangan jarak geografis kedua negara. Juan juga percaya bahwa ke depan akan semakin banyak mahasiswa Kolombia yang belajar di Indonesia. Terlebih setelah Indonesia memberlakukan bebas visa bagi warga Kolombia mulai tahun depan.