Berikut Ciri & Sifat Orang Cerdas Menurut Sains yang Wajib Kamu Tahu

Berikut Ciri & Sifat Orang Cerdas Menurut Sains yang Wajib Kamu Tahu – Karakter atau watak seseorang sulit untuk diubah, karena merupakan sifat dasar yang melekat pada diri masing-masing individu. Definisi dari karakter atau watak sendiri adalah sifat batin manusia yang mempengaruhi segenap pikiran, tingkah laku, budi pekerti, dan tabiatnya.

Manusia merupakan salah satu organisme biologis yang memiliki kecerdasan yang jauh melampaui organisme lainnya. Dalam evolusi, manusia atau homo sapiens memang telah mengalami perkembangan pola pikir yang kompleks sehingga bisa dikatakan bahwa manusia telah menjadi makhluk paling dominan di muka Bumi.

Nah, berbicara mengenai kecerdasan, ada beberapa klasifikasi atau tingkatan pada kemampuan berpikir manusia. Biasanya, beberapa metode bisa dilakukan untuk menentukan sebuah kesimpulan berdasarkan angka, misalnya tes psikologi, IQ (intelektual), EQ (emosional), dan lain sebagainya. Dalam sains, ada beberapa idn poker asia sifat dan ciri khas yang bisa tampak dari manusia cerdas, baik itu secara IQ dan juga EQ.

1. Mayoritas orang cerdas adalah orang yang suka menyendiri

Apa Kamu Termasuk? Ini 7 Ciri dan Sifat Orang Cerdas Menurut Sains

Perlu diingat bahwa tidak semua orang cerdas memiliki ciri dan sifat sebagai penyendiri. Namun, biasanya, orang yang cerdas lebih cenderung menyendiri dan mungkin asosial. Big Think dalam lamannya mencatat bahwa menurut studi yang dilakukan, didapatkan bukti bahwa orang yang memiliki kecerdasan intelektual di atas rata-rata lebih suka menyendiri dan menjauh dari keramaian.

Bukan hanya itu, mayoritas orang cerdas juga akan merasa bahagia dengan kesendiriannya. Tetap saja mereka menikah dan berkeluarga, namun mereka lebih memilih untuk tidak terlibat terlalu aktif dalam kegiatan sosial yang menurut mereka merepotkan. Hal ini berkorelasi pada sifat dasar orang cerdas sebagai pemikir unggul.

Sebuah esai ilmiah yang pernah diterbitkan dalam The British Psychological Society dinyatakan bahwa orang dengan intelegensi tinggi memang lebih memilih untuk sendiri, ketimbang harus berkumpul dengan kawanannya. Ini yang menyebabkan orang cerdas terlihat seperti lonely wolf dan dianggap tidak membutuhkan pergaulan sosial secara luas.

2. Orang cerdas tidak selalu menonjol di sekolah, tapi ia bisa memahami pelajaran dengan cepat

Apa Kamu Termasuk? Ini 7 Ciri dan Sifat Orang Cerdas Menurut Sains

Ada banyak ilmuwan supercerdas di dunia yang sudah berkontribusi besar bagi ilmu pengetahuan, meskipun dulunya mereka mungkin tidak menonjol di bidang akademis. Jangan salah, meskipun orang cerdas tidak menonjol di sekolahnya, tapi mereka bisa memahami dan menangkap pelajaran dengan cepat.

Apakah kamu pernah membaca kisah-kisah pengusaha hebat dunia atau ilmuwan genius yang tidak lulus sekolah? Yup, mereka tidak lulus bukan karena bodoh. Justru sebaliknya, saking cerdasnya mereka sehingga mereka tidak cocok dengan sistem pengajaran yang ada di sekolah-sekolah formal.

Sebuah jurnal ilmiah yang di tulis dalam laman Penn State University menyatakan bahwa kebanyakan orang yang benar-benar cerdas tidak akan cocok dengan pendidikan formal, meskipun mereka dapat menamatkannya dengan baik. Jika menggunakan bahasa yang lebih berterus terang, bisa di katakan bahwa sekolah bukanlah tempat untuk orang-orang genius.

Tentu ini akan menjadi pro dan kontra. Tapi bukti di lapangan sudah terlihat, bahwa ada banyak orang-orang genius di luar sana yang dulunya tidak menonjol di sekolah. Bukan karena mereka bodoh, tapi justru karena mereka malas akibat tidak cocok dengan sistem pendidikan formal yang sedang mereka jalani.

3. Orang yang cerdas cenderung malas melakukan aktivitas berat yang merepotkan

Apa Kamu Termasuk? Ini 7 Ciri dan Sifat Orang Cerdas Menurut Sains

Coba deh, kamu selidiki diri kamu sendiri. Kira-kira, kamu lebih suka berolahraga atau membaca buku di tempat yang sepi? Nah, kalau jawabanmu adalah yang kedua, maka kamu termasuk pada golongan orang cerdas. Faktanya, orang yang memiliki intelegensia tinggi biasanya cenderung malas melakukan aktivitas yang berat karena di rasa merepotkan.

Sebuah studi dan penelitian berjudul “The Physical Sacrifice of Thinking: Investigating the Relationship between Thinking and Physical Activity in Everyday Life” yang terbit dalam Journal of Health Psychology menjelaskan bahwa orang yang cerdas biasanya memang malas melakukan banyak hal yang bagi dia merepotkan.

Orang dengan kecerdasan tinggi akan berpikir jauh ke depan. Misalnya, mereka cenderung tidak mau membuang-buang tenaga hanya untuk sesuatu yang bagi mereka tidak menguntungkan. Bisa juga karena pola pikir mereka yang kompleks, sehingga mereka lebih suka menghabiskan waktu dengan aktivitas yang mengasah otak ketimbang otot.

4. Orang cerdas memiliki sifat yang cenderung keras kepala dan sulit untuk diatur

Apa Kamu Termasuk? Ini 7 Ciri dan Sifat Orang Cerdas Menurut Sains

Dalam hal ini, sayangnya, sifat keras kepala yang mungkin ada pada orang cerdas justru bisa membuatnya terjatuh di masa yang akan datang. Ya, di satu sisi, keras kepala memang di butuhkan supaya seseorang tidak mudah putus asa dalam menjalani hidup. Namun, di sisi lain, keras kepala juga berkorelasi dengan ego besar yang bisa menjatuhkan seseorang di masa depan.

Harvard Business Review dalam lamannya menulis bahwa keras kepala adalah sisi buruk dari ketekunan. Nyatanya, jika ilmuwan tidak keras kepala, mungkin mereka tidak akan pernah menemukan rumusan sains atau penemuan yang berpengaruh dalam dunia sains.

Sejalan dengan sifatnya yang keras kepala, orang cerdas biasanya juga sangat sulit untuk di atur dan di kendalikan oleh orang lain. Itu sebabnya, tak heran jika kebanyakan orang cerdas menjadi ilmuwan, pengusaha, dokter, pengajar, penulis, seniman, dan penemu, di mana semua profesi ini tidak melibatkan sistem hierarki (kepatuhan) yang intens layaknya profesi lainnya.

5. Secara umum, orang cerdas itu lebih kreatif di bandingkan orang lain di sekitarnya

Apa Kamu Termasuk? Ini 7 Ciri dan Sifat Orang Cerdas Menurut Sains

Orang cerdas lebih memikirkan bagaimana caranya mencari solusi terhadap persoalan yang tengah ia hadapi. Itu akan melahirkan kreativitas yang tidak di miliki oleh orang lain. Namun, sebetulnya, orang dengan IQ yang tidak tinggi pun juga dapat melakukan kreativitas yang terkadang sama baiknya dengan orang ber-IQ tinggi.

Sebuah jurnal psikologi berjudul “Does a Person Have to Be Intelligent to Be Creative?” yang di terbitkan dalam laman Elsevier SciTech Connect menjelaskan dengan gamblang hubungan antara kecerdasan IQ dengan kreativitas. Kesimpulannya adalah meskipun orang cerdas cenderung memiliki kreativitas tinggi, namun orang dengan IQ di bawah 100 pun bisa sama-sama kreatif dalam hal yang berbeda.

Jadi, orang yang kreatif belum tentu cerdas, tapi orang cerdas cenderung kreatif. Nah, untuk selanjutnya tinggal bagaimana mengimplementasikan kreativitas tersebut ke dalam realitas. Jika kreativitas hanya berada di dalam pikiran dan tidak di gunakan untuk kepentingan banyak orang, maka hal itu juga di rasa percuma.

6. Orang cerdas umumnya mampu bersikap tenang serta bisa mengendalikan diri dan emosinya

Apa Kamu Termasuk? Ini 7 Ciri dan Sifat Orang Cerdas Menurut Sains

Melansir Verywell Mind, salah satu ciri atau sifat orang cerdas adalah mampu mengendalikan dan mengontrol emosi mereka. Biasanya, orang dengan tingkat IQ dan EQ tinggi lebih mudah tenang dalam menghadapi sesuatu. Mereka cenderung memikirkan secara detail mengenai baik dan buruknya sebuah keputusan.

Itu sebabnya, jarang ada orang genius yang memiliki emosi atau kemarahan yang meledak-ledak tanpa terkendali. Sebaliknya, meskipun di hadapkan pada persoalan yang cukup berat, mereka bisa melewati itu semua dengan tenang tanpa melibatkan kemarahan yang masif. Hal ini membuktikan penelitian ilmuwan yang menyatakan bahwa orang cerdas cenderung diam dan tenang di bandingkan orang lain di lingkungan sekitarnya.

Satu lagi, orang dengan intelegensi tinggi biasanya tidak mudah di pengaruhi atau di pancing secara emosional. Bagi mereka, meladeni orang lain dengan otot atau urat merupakan hal bodoh dan sia-sia belaka. Nah, kalau kamu memang termasuk cerdas, sebaiknya kamu gak perlu marah-marah saat menghadapi sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan.

7. Mampu memimpin diri sendiri dan menjalani hidup dengan prinsip

Apa Kamu Termasuk? Ini 7 Ciri dan Sifat Orang Cerdas Menurut Sains

Dalam banyak hal, orang dengan intelegensi tinggi mampu memimpin dirinya sendiri serta berjalan dengan prinsip yang ia yakini. Namun, pada sebagian kasus, orang yang terlalu cerdas juga tidak cocok untuk memimpin banyak orang karena ia bisa di nilai egois, keras kepala, kaku, dan kurang peduli dengan keadaan sosial di sekitarnya.

Di sisi lain, tampak dari luar, hidup dengan prinsip ala orang cerdas juga di anggap tidak bahagia. Seperti di tulis dalam laman Medium, orang-orang yang sangat cerdas justru sangat di mungkinkan memiliki kekurangan dalam hal lainnya. Misalnya, hubungan asmara yang kaku atau jumlah teman yang tidak banyak.

Kesendirian yang sering di lakukan, jika terlalu intens dan dalam, bisa menumbuhkan depresi dan rasa kesepian mendalam. Itu sebabnya, keseimbangan antara kecerdasan IQ dan EQ sangat di butuhkan karena bagaimana pun manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan orang lain. Tak ada salahnya bagi orang cerdas jika mereka aktif dalam pergaulan sosial karena hal tersebut bisa membuat mereka lebih bahagia.